Eksperimen #depokgantinama

IMG_9905
Tommy (Akberdepok) saat persiapan booth #depokgantinama

Sabtu, 17 November 2012, DepokDigital berpartisipasi dalam kegiatan kolaborasi beberapa komunitas di Depok untuk mengisi acara Kompasianival 2012.

Tak mau sekadar buka booth kami nekat menggelar sebuah kampanye berlabel #depokgantinama.

Premis kampanyenya begini: “apa yang terjadi jika Depok berganti nama?”

Dari situ, kami mencoba menarik rasa ingin tahu pengunjung dan mengubahnya menjadi keterlibatan dengan seakan-akan membuka sebuah ruang bagi pengunjung untuk mengusulkan nama baru apa yang bisa digunakan untuk menggantikan Depok.

Jelas saja, dalam kenyataannya, Depok memang tidak (atau belum?) bergantinama. Isu ini sengaja diangkat sebagai bentuk provokasi. Terbukti, setidaknya isu ini berhasil memancing rasa penasaran pengunjung.

Fathan (DepokCreative) melayani pengunjung yang mengusulkan nama untuk Depok

Mereka yang penasaran pun akan mendapatkan penjelasan. Bahwa arti #depokgantinama bukan sungguh mengganti nama Depok, tetapi mencoba menonjolkan hal lain soal Depok yang ada di benak pengunjung.

Tujuan dari kampanye ini, dan gerakan besar #komunitasdepok, adalah untuk mengangkat sebuah fakta bahwa Depok merupakan kota yang penduduknya bisa menghasilkan karya-karya kreatif dan bermakna.

Harapannya, Depok akan disebutkan dalam satu kalimat yang sama dengan Bandung atau Jogja. Tentunya dalam kalimat positif mengenai kreativitas (terutama kreativitas digital).

Harapannya, hal utama yang akan diingat orang soal Depok akan jauh dari hal-hal negatif, tetapi fokus ke hal-hal positif seperti kreativitas dan karya warganya.

Semangat!

Leave a Reply