Sinergi Empat Unsur

Ada empat unsur yang harus bersinergi jika mau mewujudkan kekuatan besar dari sebuah Kota. Keempatnya adalah: 

  1. Masyarakat 
  2. Akademi
  3. Pemerintah
  4. Bisnis

Keempat unsur itu tidak harus di bawah kendali yang sama. Ini toh bukan baris-berbaris. 

Pemikirannya seperti ini: Jika keempatnya memiliki kesamaan pemahaman akan sebuah visi di masa depan, sudah barang tentu terwujudnya mimpi besar dari sebuah kota bisa lebih mudah. 

Mimpi yang dimaksud apa lagi kalau bukan ‘kota cyber’. Dalam hal ini yang dimaksud adalah kota yang bisa mendapatkan manfaat dari kemajuan teknologi dan perkembangan dunia digital.

Malam terakhir di bulan Januari 2012 dimanfaatkan sekelompok orang untuk berdiskusi di Buku Kafe. Pertemuan ini diorganisir oleh teman-teman Depok Klik.

Nah yang istimewa, hadir dalam acara itu adalah Herry Pansila, Kepala Diskominfo Depok. Istimewa karena kami sudah lama ingin mendengar apa sih Depok Cyber City yang beberapa tahun ini terlontar di begitu banyak spanduk di Depok. 

Di satu sisi, kehadiran “orang Pemkot” patut disukuri karena setidaknya membuka jalan dialog agar keempat unsur yang disebutkan di awal tadi bisa harmonis. 

Di sisi lain, mereka yang datang jadi cukup “terbuka” matanya soal kesiapan (atau ketidaksiapan?) pemerintah akan jargon Cyber City tadi. 

Untungnya, sudah sejak awal menjadi komitmen Depok Digital untuk tetap berjalan dengan mimpi ini, apapun yang diprogramkan (atau tidak diprogramkan) oleh Pemkot. 

Ternyata memang masih panjang dan berliku jalan untuk mewujudkannya. Semoga saja pertemuan malam itu jadi awal untuk membuka serta melancarkan jalur komunikasi dan silaturahmi keempat unsur.






Footnote: Komen singkat tentang peran pemerintah: kalau tidak bisa memudahkan, paling tidak jangan sampai menyulitkan.  

Leave a Reply